Setiap peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) wajib mengikuti tes
evaluasi, termasuk post test Prinsip Pengajaran dan Asesmen (PPA). Tes
ini dilakukan setelah seluruh materi PPA selesai dipelajari yang tujuannya
untuk mengukur pemahaman peserta terhadap isi pelatihan.
Pada post test
PPA Umum 3, peserta akan menghadapi lima soal pilihan ganda yang disusun
berdasarkan materi yang telah dipelajari. Meski soal-soal tersebut mengacu
pada pembahasan sebelumnya, tak sedikit peserta yang masih kebingungan.
Untuk membantu
Anda dalam memahaminya, di bawah ini adalah kunci jawaban post test PPA
Umum 3 yang bisa dijadikan bahan pembelajaran.
Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3
Mengetahui kunci jawaban dari soal-soal yang telah
dikerjakan dapat membantu peserta PPG belajar lebih efektif. Dengan begitu, mereka bisa mengimplementasikan
materi secara optimal pada saat pembelajaran di kelas. Berikut ini kunci jawaban post
test PPA Umum 3:
1. Anda
mengetahui adanya dua suku asal peserta didik yang sama-sama dominan di kelas
Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun
tidak, sehingga kerap berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas.
Beberapa kali
Anda berusaha untuk memediasi, namun tingginya prasangka yang dimiliki antar
kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang
akan Anda lakukan jika menemui situasi ini?
A. Menyampaikan
materi dan mendampingi belajar sebagaimana biasanya tanpa terlalu memikirkan
situasi tersebut
B. Berupaya
menyelipkan cerita-cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela
penyampaian materi
C. Membuat
kelompok dengan anggota yang membaur antara kedua suku tersebut dan memberikan
tugas kolaboratif
D. Meminta
peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan
kasus-kasus yang relevan
E. Memikirkan ide
tentang aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi dua kelompok
tersebut
Jawaban: C
2. Anda ditunjuk
untuk melatih ekstrakurikuler menari di sekolah. Saat ini Anda sedang
mempersiapkan peserta didik untuk tampil di festival budaya kabupaten.
Meski demikian,
Anda menyadari bahwa peserta didik memiliki latar belakang kemampuan tari yang
berbeda-beda, sehingga Anda bingung dalam menentukan aktivitas yang paling
sesuai saat latihan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi tersebut?
A. Tetap
menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan semua
peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan
B. Mengelompokkan
peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya dan memberikan latihan khusus
untuk tiap kelompok
C. Memikirkan
variasi aktivitas yang dapat melatih berbagai tingkat kemampuan menari para
peserta didik
D. Meminta
bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk turut melatih temannya yang belum
mahir dalam melakukan gerakan tertentu
E. Mengatur
urutan dalam melatih gerakan, mulai dari yang rata-rata paling sulit dilakukan
sampai yang paling mudah
ADVERTISEMENT
Jawaban: D
3. Anda adalah
guru Bahasa Inggris kelas 12. Ketika mengamati tugas makalah yang dikumpulkan
peserta didik di semester lalu, Anda merasa bahwa kemampuan menulis dalam
Bahasa Inggris perlu diasah lebih lanjut.
Terlebih
kemampuan ini akan dibutuhkan pada jenjang berikutnya. Di sisi lain, Anda belum
memiliki asesmen apapun terkait dengan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris.
Apa tindakan yang akan Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?
A. Mencoba
membuat ujian tulis dengan pertanyaan singkat
B. Memberikan
tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat
C. Memikirkan
strategi asesmen yang paling relevan
D. Menggunakan
asesmen yang selama ini digunakan
E. Menugaskan
esai panjang saat Sumatif Akhir Semester (SAS)
Jawaban: B
4. Anda adalah
guru matematika yang akan mengajarkan materi perkalian bilangan ratusan. Ketika
Anda memberikan soal di kelas, hanya sebagian kecil peserta didik yang dapat
menyelesaikan soal dengan benar.
Setelah dilakukan
asesmen lebih lanjut, ternyata ada beberapa peserta didik yang baru dapat
melakukan perkalihan bilangan pulihan. Bahkan ada pula peserta didik yang belum
memiliki hafalan perkalian bilangan satuan. Apa tindakan yang Anda prioritaskan
untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?
A. Hanya
memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada peserta didik yang mampu
B. Memaklumi bila
soal latihan yang diberikan memang hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik
yang mampu
C. Tetap
mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun secara perlahan agar semua peserta
didik paham
D. Memberikan
soal-soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap peserta didik
E. Memastikan
kemampuan perkalian peserta didik sebelum memberikan soal-soal
Jawaban: E
5. Berdasarkan
hasil asesmen, Anda mengetahui bahwa sebagian peserta didik di kelas Anda
memiliki gaya belajar visual. Sementara itu, sebagian yang lain lbeih suka
belajar secara auditori, Anda merasa perbedaan gaya belajar ini menjadi sebuah
tantangan karena Anda terbiasa mengelola kelas yang lebih homogen. Apa
prioritas tindakan yang Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?
A. Menyediakan
sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media, seperti teks, video, dan
presentasi lisan
B. Membagi
peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka
C. Berupaya
merencakanan aktivitas yang memungkinkan tiap peserta didik bekerja secara
individual sesuai gaya belajar masing-masing
D. Memikirkan
metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media
E. Mengusulka
kepada koordinator kelas untuk lebih homogen dalam membagi kelas untuk
mempermudah proses pembelajaran
Jawaban: A
0 $type={blogger}:
Posting Komentar