Simak artikel berikut untuk mengetahui kunci jawaban latihan pemahaman modul
1 topik 1 PPG Daljab
2025.
Latihan pemahaman
menjadi salah satu komponen dalam pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru
Tertentu Daljab.
Program
Pendidikan Profesi Guru bagi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah program
pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan
bagi Guru Dalam Jabatan untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah.
Pembelajaran PPG
Guru Tertentu sendiri dilaksanakan secara mandiri dan daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Melalui PMM,
peserta wajib mempelajari sejumlah modul dan topik yang telah disediakan.
Baca Juga:
Setelah mempelajari seluruh
materi di dalam modul, peserta PPG Guru Tertentu juga harus mengerjakan Latihan
Pemahaman.
Nah, artikel ini
akan membahas kunci jawaban latihan pemahaman modul 1 topik 1 yang
membahas mengenai prinsip pembelajaran Understanding by Design (UbD).
1. Fase-fase
yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip
(UbD) adalah…
A. Merancang asesmen,
kegiatan, dan tujuan pembelajaran
B. Merancang asesmen, tujuan dan kegiatan pembelajaran
C. Merancang kegiatan, tujuan dan asesmen pembelajaran
D. Merencanakan tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran
E. Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran
Jawaban: E
2. “Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan
dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?”. Pertanyaan tersebut perlu
dirumuskan oleh guru apabila akan
melakukan tahap…
A. Perencanaan strategi pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Perencanaan kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pelajaran
Jawaban: B
3. “Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran
telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?” Pertanyaan tersebut perlu
dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap…
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pelajaran
Jawaban: C
4. “Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar
peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?” Merupakan
pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap…
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pelajaran
Jawaban: D
5. Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai
mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam
suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang
lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru
dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali…
A. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP
B. Merumuskan TP dengan cara menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup materi’
pada CP
C. Merumuskan TP secara lintas elemen
D. Merumuskan PP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
E. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan
peserta didik
Jawaban: E
6. Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk
pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by
Design (UbD) yang dikembangkan
oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, “memahami” merupakan
kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan
mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas
suatu fenomena. Terkait hal tersebut pernyataan yang benar dalam kurikulum
merdeka adalah…
A. Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP
dan tujuan pembelajaran turunan dari CP
B. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
C. Memberi kebebasan kepada guru
mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
D. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak
sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendahE. Menganggap bahwa ‘memahami’
dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam
serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan
mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.
Jawaban: D
7. Pembelajaran dan assessment merupakan satu kesatuan
yang sebaiknya tidak dipisahkan titik terkait hal tersebut guru dan peserta
didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses
pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara
pembelajaran dan assessment, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi
berikut, kecuali…
A. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah
sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen
awal.
B. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir
pembelajaran jika diperlukan.
C. Sepanjang proses pembelajaran guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk
mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.
D. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada
saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.
E. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen,
karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik.
Jawaban: B
8. Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah capaian
pembelajaran dalam (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh
peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang
tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam 6 etape
yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran
dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali…
A. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk
merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.
B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu
memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran
antar kelas.
C. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
kesiapan peserta didik.
D. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.
E. Memastikan peserta didik mencapai kompetensi pembelajaran.
Jawaban: B
9. Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah…
A. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses
pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.
B. KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan
pembelajaran (TP).
C. KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik.
D. KKTP dapat disusun melalui deskripsi kriteria dan interval nilai.
E. Semua benar
Jawaban: E
10. Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang
kurang tepat adalah…
A. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian
hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang
ditetapkan.
B. Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak
lanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat.
C. Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan
dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
D. Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta
didik yang beragam.
E. Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat kemampuan dan kesiapan
belajar peserta didik.
Jawaban: A
0 $type={blogger}:
Posting Komentar