Simak kunci jawaban Post
Test PPA Umum 1
Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen dalam PPG 2025.
Kunci jawaban Post Test PPA Umum 1 ditujukan bagi
bapak/ibu guru yang mengikuti program Pendidikan
Profesi Guru (PPG) tahun 2025 di Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan
(GTK).
Ada 5 soal dalam Post Test PPA Umum 1 Modul
Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum.
Bagi bapak/ibu guru yang kesulitan mengerjakan soal-soal
tersebut, dapat menggunakan kunci jawaban di
bawah ini sebagai referensi.
Salah satu soal yang muncul adalah Anda akan mengajarkan
salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh.
Selengkapnya, berikut kunci jawaban Post
Test PPA Umum 1
Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen dalam PPG 2025.
Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1
1. Anda akan
mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada
kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup
melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit. Ada pula
yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda
lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?
A. Meminta
peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan
tersebut.
B. Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh
semua peserta didik.
C. Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa
diantaranya harus pelan-pelan.
D. Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat
melakukan praktik lari.
E. Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak
lari yang akan dipraktikkan.
Kunci
jawaban: E. Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan
jarak lari yang akan dipraktikkan.
2. Anda adalah
guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta
didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan
gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan
efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat
heterogen. beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak
juga yang mengalami kesulitan. Apa yang anda lakukan jika berada pada situasi
ini?
A. Tetap
menggunakan metode pnegajaran standar yang biasa dilakukan
B. Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah
memiliki keterampilan menulis yang baik
C. Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan
menulis peserta didik
D. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan
menulis peserta didik
E. Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan
kemampuan masing-masing
Kunci
jawaban: D. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat
keterampilan menulis peserta didik
Baca
juga:
3. Anda mengampu
mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli
yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah
Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik,
sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan
penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
A. Hanya akan
memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan
prasarana praktik tersebut.
B. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola
voli terdekat.
C. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik
peserta didik dalam bermain voli.
D. Membuat panduan observasi yag dapat digunakan semua guru PJOK meskipun
sarana praktik di sekolah terbatas.
E. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang
bersifat dasar.
Kunci jawaban: D. Membuat panduan observasi yag dapat
digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas.
4. Anda adalah
guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku
Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa,
dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa
ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun
bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa
kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
A. Menggunakan
Bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas.
B. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa.
C. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami
materi.
D. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam
bahasa Indonesia.
E. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa
Indonesia ketika mengajar.
Kunci
jawaban: D. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi
dalam bahasa Indonesia.
5. Pada satu
materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta
setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi,
mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan
minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika
menemui situasi tersebut?
A. Meminta
peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan.
B. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya
masing-masing.
C. Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut.
D. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik
meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya.
E. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema
sebelum pembelajaran.
Kunci jawaban: E. Membuat survei minat peserta didik
untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran.
*) Disclaimer: kunci jawaban Post Test PPA Umum 1 Modul
Pembelajaran Mendalam dan Asesmen dalam artikel ini hanya sebagai referensi
bagi guru yang mengikuti PPG
2025 untuk mengerjakan di Ruang GTK.
0 $type={blogger}:
Posting Komentar