Berikut kunci jawaban latihan Modul 1 Topik 2 Merancang Pembelajaran Berdiferisiansi pada pembelajaran dalam PPG Guru Tertentu 2025. Dalam Modul 1 Topik 2, bapak/ibu guru diminta untuk menjawab 10 soal tentang Merancang Pembelajaran Berdifiresiansi.
Kesepuluh soal ini muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM) Modul 1 Topik 2 dengan bentuk pilihan ganda. Contoh jawaban di artikel ini hanya sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru saat merasa kesulitan dalam mengisi PMM.
Kunci
Jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2025
1. Implementasi
Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam
arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru,
namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik.
A. Pada awal
tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik
dan pencapaian sebelumnya.
B. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong
kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
C. Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam
mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
D. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi untuk membantu
peserta didik mengembangkan kompetensinya.
E. Guru perlu mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan
perilaku peserta didik, dan mendengarkan keluhan mereka untuk mengetahui
kebutuhan belajarnya
Jawaban: C
2. Seorang guru mengadopsi elemen-elemen diferensiasi dalam
pelaksanaan pembelajaran, seperti menggunakan bahan bacaan yang berbeda
untuk peserta didik dengan kemampuan membaca yang beragam.
Namun, beberapa
peserta didik masih kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan yang
paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah....
A. Meminta
peserta didik yang kesulitan untuk belajar lebih keras
B. Mengurangi tingkat kompleksitas tugas
C. Meminta peserta didik untuk bekerja sendiri
D. Melanjutkan dengan kurikulum yang telah direncanakan
E. Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran
Jawaban: E
3. Salah satu
prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang
dan dilaksanakan untuk membangun karakter peserta didik untuk menjadi
pembelajar sepanjang hayat. Berdasarkan prinsip tersebut, beberapa
pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru, kecuali...
A. Guru
memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian
tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang
dipelajari
B. Guru mendorong peserta didik melakukan refleksi untuk memahami
kekuatan diri dan potensi yang perlu dikembangkan
C. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong
kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi Ilmu pengetahuan
D. Guru memberikan proyek yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran
yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
E. Guru memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk
mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan belajar
Jawaban: A
4. Seorang guru
melaksanakan pembelajaran pada topik tertentu. la mendapati bahwa peserta
didik belum pernah mempelajari topik tersebut. Hal yang perlu dilakukan
guru pada kegiatan awal pembelajaran adalah...
A. Menyampaikan
bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten
B. Menjelaskan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga
peserta didik perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium
sebelum kelas dimulai
C. Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik
pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi
dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
D. Langsung menjelaskan materi tersebut sehingga peserta didik terbiasa
E. Memberi soal pretest terkait materi tersebut sehingga dapat memicu motivasi
peserta didik
Jawaban: C
5. Sebelum
melaksanakan pembelajaran, Pak Hafiz mengadakan asesmen awal untuk
mengetahui profil belajar peserta didiknya. Dari hasil asesmen
awal tersebut diketahui bahwa 45 persen peserta didik memiliki
kecenderungan gaya belajar visual, 15 persen kinestetik, dan 40 persen
auditori. Pak Hafiz juga memperoleh informasi bahwa secara umum peserta
didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar
masing-masing.
Berdasarkan data tersebut, Pak Hafiz merencanakan
pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut,
kecuali...
A. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mempelajari sumber belajar dalam bentuk modul digital interaktif
B. Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan
hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun
bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
C. Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh
pengetahuan baru
D. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan praktik
bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru
E. Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di
tempat-tempat berbeda untuk memberikan kesempatan peserta didik bergerak saat
mengakses informasi
Jawaban: B
6. Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan dalam
menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:
1. Kebutuhan peserta didik yang beragam
2. Kondisi kelas
3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah
4. Lingkungan sekolah
Elemen yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika melakukan
modifikasi pembelajaran adalah....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4
Jawaban: A
7. Bu Farida menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk
memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, ia membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
belajar. Ternyata Bu Farida masih mengalami kesulitan karena semua
peserta didik masih bertanya kepadanya. Sehingga proses belajar masih
berpusat pada guru. Hal yang dapat Ibu Farida lakukan
adalah....
A. Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung
jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja
sendiri- sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab
guru lebih besar dari peserta didik.
B. Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap.
la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri
dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Peserta
didik tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap.
la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya
yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik
bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Guru mempunyai porsi tanggung
jawab yang lebih besar dibanding peserta didik.
D. Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap.
la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya
yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik
bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai
porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta
didik dapat
mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik
memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
E. Semua salah
Jawaban: D
8. Diberikan langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Peserta didik menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal
apa yang ingin diketahui
2 Peserta didik melakukan refleksi terhadap kemampuannya
3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan
kompetensi dari capaian peserta didik
4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai
bersama Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik
untuk merumuskan tujuan belajar adalah......
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
D. 4-2-3-1
E. 3-2-1-4
Jawaban: C
9. Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang relevan
dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah....
A. Guru adalah sumber belajar utama dan peserta didik
mengikuti apa yang telah ditetapkan.
B. Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari
berbagai sumber.
C. Guru menjadi mediator antar peserta didik agar terjadi transfer pengetahuan
dalam proses belajar.
D. Guru menjadi motivator yang mengamati peserta didik dari jauh selama proses
belajar.
E. Guru menjadi motor penggerak utama proses pembelajaran
Jawaban: B
10. Ibu Tina menemukan beberapa peserta didik yang belum
mencapai tujuan pembelajaran, sehingga mereka memerlukan kegiatan
remedial. Langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut
adalah.....
A. Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses
dan konten
untuk peserta didik yang memerlukan remedial
B. Memberikan PR yang banyak agar peserta didik belajar sendiri di rumah
C. Menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya tidak
mengikuti proses belajar dengan baik
D. Meminta setiap peserta didik untuk mengumpulkan tugas setiap akhir
pembelajaran
E. Meminta setiap peserta didik untuk membuat review materi pembelajaran
Jawaban: A
*) Disclaimer: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya
sebagai referensi Bapak/Ibu Guru untuk menghadapi pertanyaan terkait di
Platform Merdeka Mengajar.
0 $type={blogger}:
Posting Komentar