Simak artikel berikut untuk mengetahui kunci jawaban latihan pemahaman modul
1 topik 3 PPG Daljab 2025.
Latihan pemahaman
menjadi salah satu komponen dalam pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Guru Tertentu Daljab.
Program
Pendidikan Profesi Guru bagi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah
program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana
terapan bagi Guru Dalam Jabatan untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah.
Pembelajaran PPG Guru Tertentu sendiri dilaksanakan secara mandiri dan daring
melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Melalui PMM,
peserta wajib mempelajari sejumlah modul dan topik yang telah disediakan.
Baca Juga:
Setelah mempelajari seluruh
materi di dalam modul, peserta PPG Guru Tertentu juga harus mengerjakan Latihan
Pemahaman.
Nah, artikel ini akan membahas kunci jawaban latihan
pemahaman modul 1 topik 3 yang membahas mengenai metode TaRL atau Teaching at The
Right Level.
1. Makna yang
paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah.....
A. Pembelajaran sesuai
dengan tingkatan kelas peserta didik
B. Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik
C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam
D. Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik
E. Pembelajaran sesuai dengan kepribadian peserta didik
Jawaban: C
2. Tujuan
dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...
A. Mendapatkan data kepribadian peserta didik
B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik
C. Mendapatkan data keluarga peserta didik
D. Mendapatkan dataminatdan bakat peserta didik
E. Mendapatkan data prestasi peserta didik
Jawaban: B
3. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika
merancang aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah....
A. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik
yang memiliki kemampuan kurang
B. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki
kemampuan sedang
C. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki
kemampuan cepat
D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang
beragam
E. Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik
Jawaban: D
4. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru
pada persiapan rencana asesmen awal, kecuali...
A. Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik
B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik
C. Merencanakan bentuk asesmen yang diberikan
D. Merencanakan jadwal lokasi dan waktu asemen
E. Merancang instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran
Jawaban: B
5. Ketika merancang pembelajaran, guru dapat melakukan
diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada
penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah....
A. Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten dan
diferensiasi produk tidak mungkin digunakan
B. Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak
mungkin digunakan
C. Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak
mungkin digunakan
D. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat
digunakan semua dalam satu pembelajaran
E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi
pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan
Jawaban: E
6. Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk
hal- hal berikut ini, kecuali....
A. Menentukan
tujuan pembelajaran
B. Menentukan pengelompokkan peserta didik
C. Menentukan aktivitas pembelajaran
D. Menentukan media pembelajaran
E. Menentukan sumber belajar
Jawaban: A
7. Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada
peserta didiknya, namun ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai
materi prasyaratnya.
Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum
pojoksatu.id tekanan pertanyaannya yaitu: Hal yang perlu dilakukan oleh Pak
Panji adalah...
A. Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait
pengalaman belajar terkait topik prasyarat ini
B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal
peserta didik
C. Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik
D. Mempersiapkan kegiatan pembelajaran sambil mengirangira kebutuhan peserta
didik
E. Langsung mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan
adanya perbedaan kemampuan peserta didik
Jawaban: B
8. Sebagai seorang guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta
didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia
mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Namun pada
pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang
muncul dari setiap kelompok. Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum
pojoksatu.id tekanan pertanyaannya yaitu: Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi
adalah..
A. Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara
bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran
B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar
pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi
pemahamannya pada guru
C. Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti
dijelaskan secara umum
D. Semua benar
E. Semua salah
Jawaban: A
9. Diberikan langkah-langkah berikut ini:
1. Menentukan tujuan pembelajaran
2. Melakukan asesmen awal kemampuan awal
3. Melakukan asesmen sumatif
4. Merancang kegiatan pembelajaran
5. Mempersiapkan sistem pendukung pembelajaran
Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk
merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah...
A. 1-2-4
B. 1-3-5
C. 4-3-2
D. 1-2-3
E. 3-4-5
Jawaban: A
10. Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik
perkalian. la mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikuti
pembelajaran karena kurang menguasai materi prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian
peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah.
Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum
pojoksatu.id tekanan pertanyaannya yaitu: Berikut ini langkah yang perlu
dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah
tersebut, kecuali...
A. Mengembangkan diferensiasi konten
B. Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran
C. Menerapkan asesmen awal kognitif
D. Merumuskan diferensiasiasesmen formati
E. Merumuskan diferensiasi produk/proyek
Jawaban: C
0 $type={blogger}:
Posting Komentar