Blog Tugas Akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2024

Salah satu permasalahan di dunia pendidikan adalah minat peserta didik untuk belajar yang kurang salah satu penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran yag monoton dan kurangnya inovasi. Salah satu program pemerintah untuk mengatasi permasalah tersebut adalah program PembaTIK. Program peningkatan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, dan dinas pendidikan dalam kegiatan Belajar, Mengajar, dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.

Pembatik Level 4 adalah Pembahasan tentang Berbagi & Berkolaborasi

Berikut ini Link Materi yang di bahas di PembaTIK Level 4 :

MODUL 11 - Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Platform Teknologi

MODUL 12 - Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial

MODUL 13 - Publikasi Karya Tulis untuk Pengembangan Profesi Guru

Tugas Akhir PembaTIK Level 4 adalah merancang inovasi pembelajaran, kegiatan berbagi inovasi pembelajaran, vlog inovasi pembelajaran, blog inovasi pembelajaran dan rencana aksi

Vlog Pembatik Level 4 :



Sosialisasi Tatap Muka dan Tatap Maya yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

1. Berbagi Praktik Baik dengan Tema: "Pemanfaatan Plotagon Studio dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom di SMP Negeri 6 Tejakula"

a. Persiapan

Surat Menyurat :


Flyer dan Daftar Hadir  :





























b. Proses










































































c. Uraian Kegiatan

Kegiatan berbagi pada tanggal 23 Oktober 2024 di satuan pendidikan tempat saya mengajar yaitu SMP Negeri 6 Tejakula. Pada pelaksanaannya saya melibatkan plt. kepala sekolah dan 14 orang guru. Materi berbagi kali ini adalah pemanfaatan plotagon studio dalam penerapan strategi pembelajaran flipped classroom. Hasil dari kegiatan ini berupa animasi video pembelajaran.

d. Output 

-) Respon peserta Berbagi Praktik Baik









-) Inovasi yang di terapkan

  • Penggunaan Plotagon Studio dalam pembuatan Animasi Video Pembelajaran 

e. Link Download

Animasi Video Pembelajaran

Materi

Sertifikat

2. Berbagi Praktik Baik dengan Tema: "Pemanfaatan Smart App Creator dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented) di SMP Negeri 4 Tejakula"

a. Persiapan

Surat Menyurat :
















Flyer dan Daftar Hadir :




































b. Proses




































































c. Uraian Kegiatan

Kegiatan berbagi yang kedua saya laksanakan di SMPN 4 Tejakula pada tanggal 25 Oktober 2024. Saya berkesempatan untuk belajar dengan 33 orang guru untuk berbagi inovasi yang bertajuk Pemanfaatan Smart App Creator Dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Tik Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented). Selain penggunaan Smart App Creator saya juga mengintegrasikan dengan beberapa platform digital seperti PDF-XChange Editor, Canva for Education, Github.io dan Youtube. Hasil dari kegiatan ini berupa Media Pembelajaran Interaktif yang nantinya akan digunakan selama proses pembelajaran.

d. Output 

-) Respon peserta Berbagi Praktik Baik




-) Inovasi yang di terapkan

  • Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) menggunakan Smart App Creator
  • Integrasi dengan Aplikasi PDF-XChange Editor
  • Integrasi dengan Aplikasi Canva for Education
  • Integrasi dengan Aplikasi Github.io
  • Integrasi dengan Youtube

e. Link Download

Materi

Sertifikat

3. Berbagi Praktik Baik dengan Tema: "Pemanfaatan Smart App Creator dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented) di SMP Negeri 2 Tejakula"

a. Persiapan

Surat Menyurat :
















Flyer dan Daftar Hadir :























b. Proses

























































c. Uraian Kegiatan

Kegiatan berbagi yang kedua saya laksanakan di SMPN 2 Tejakula pada tanggal 26 Oktober 2024. Saya berkesempatan untuk belajar dengan 22 orang guru untuk berbagi inovasi yang bertajuk Pemanfaatan Smart App Creator Dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Tik Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented). Selain penggunaan Smart App Creator saya juga mengintegrasikan dengan beberapa platform digital seperti PDF-XChange Editor, Canva for Education, Github.io dan Youtube. Hasil dari kegiatan ini berupa Media Pembelajaran Interaktif yang nantinya akan digunakan selama proses pembelajaran.

d. Output 

-) Respon peserta Berbagi Praktik Baik














-) Inovasi yang di terapkan

  • Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) menggunakan Smart App Creator
  • Integrasi dengan Aplikasi PDF-XChange Editor
  • Integrasi dengan Aplikasi Canva for Education
  • Integrasi dengan Aplikasi Github.io
  • Integrasi dengan Youtube

e. Link Download

Materi

Sertifikat

4. Webinar Komunitas Sahabat Pembatik Bali dengan Tema: "Pemanfaatan Plotagon Studio dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom"

a. Persiapan

Surat Menyurat :















Flyer dan Jadwal Kegiatan :





























b. Proses




























c. Output 

-) Respon peserta Webinar

Feedback 

-) Inovasi yang di terapkan

  • Penggunaan Plotagon Studio dalam pembuatan Animasi Video Pembelajaran 

e. Link Download

Sahabat Teknologi Denpasar

4. Berbagi Inovasi Pembelajaran di Radio RRI Singaraja dengan Tema: "Multimedia Pembelajaran Interaktif, Siswa Menjadi Aktif"

a. Persiapan

Surat Menyurat :















Flyer:















b. Proses













15 komentar:

  1. Sangat menginspirasi buat guru-guru untuk selalu meeningkatkan kompetensi sehingga pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik bisa maksimal atau tercapai.

    BalasHapus
  2. Sangat bagus di terapkan dalam proses pembelajaran dan
    dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran di kelas.

    BalasHapus
  3. Keren sekali pengajarannya. Pertama kali mendapatkan pengalaman membuat video animasi yang sangat menarik perhatian siswa kedepannya dan pembelajaran layanan klasikal tidak membosankan.

    BalasHapus
  4. inspiratif. Semoga bisa memotivasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran melalui metode dengan mengedepankan teknologi

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak sekali aplikasi yang bisa membantu guru dalam membuat media pembelajaran. Sangat bermanfaat dipelajari untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  6. Kegiatannya sangat menginspirasi. Dapat berbagi dengan tenaga pendidik lain untuk lebih kreatif dalam mengemas media pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi ini guru dapat dengan mudah membuat video sesuai dengan materi ajarnya.

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu jika ada aplikasi yang mampu membuat pembelajaran menarik. Sehingga siswa siswa tidak jenuh dalam menangkap materi. Bagi saya, aplikasi ini sangat menarik dan dapat digunakan oleh semua orang. Terimakasih pada pak kadek dwi, yang sudah memperkenalkan aplikasi ini dan mengajari saya dengan baik.

    BalasHapus
  8. Sangat menginspirasi, semoga bisa bermanfaat bagi pendidik, demi menjadikan kelas aktif dengan alat bantu teknologi.

    BalasHapus
  9. Luar biasa melalui kegiatan ini saya mengetahui banyak aplikasi membuat pembelajaran di kelas menjadi menarik, sehingga siswa menjadi semangat dalam kegiatan pembelajaran.

    BalasHapus
  10. Kegiatan seperti sangat menginspirasi dan menambah pengetahuan bagi pendidik mengenai berbagai aplikasi yang dapat digunakan dalam membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan menyenangkan.

    BalasHapus
  11. Terus semangat pak Kadek Dwi Listeyasa. S.Pd
    Sebuah aplikasi yang menarik dan bisa menarik semangat belajar peserta didik, sehingga peserta didik pasti akan lebih bersemangat dan merasakan pembelajaran yang menyenangkan. Ini juga akan menjadi pengaruh baik untuk peserta didik. Semangat dan minat peserta didik akan terpenuh, sehingga pembelajaran akan selalu berpihak ke pada peserta didik.

    BalasHapus
  12. Sangat menginspirasi.Sangat membantu guru/pendidik dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik sehingga mampu meningkatkan semangat belajar siswa

    BalasHapus
  13. Sangat mengispirasi , semoga bisa menjadi motifaasi bagi bapak ibu guru untuk mengbangkan konten2 di bidang pendidikan

    BalasHapus
  14. Sangat menginspirasi, dan sangat membantu guru/pendidik dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik sehingga mampu meningkatkan semangat belajar siswa serta membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.

    Balas

    BalasHapus
  15. Inovasi pembelajaran berbasis TIK sangat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik menuju tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

    BalasHapus