Barang siapa menanam, dia akan menuai

Usaha dan perbuatan baik akan mendatangkan hasil yang baik pula. Sebaliknya, perbuatan buruk akan mendatangkan akibat yang buruk.

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian

Kesulitan atau penderitaan yang dialami sekarang akan terbayar dengan kebahagiaan di masa depan.

Gantungkan cita-citamu setinggi langit

Jangan pernah membatasi diri dalam meraih impian. Semakin tinggi cita-cita, semakin besar usaha yang akan dilakukan.

Tak ada rotan, akar pun jadi

Jika tidak ada cara yang terbaik, gunakan cara lain yang ada. Tetaplah berusaha mencapai tujuan dengan cara apapun yang memungkinkan.

Bisa karena biasa

Kemampuan akan muncul jika terus menerus dilatih dan dilakukan.

Guru Wajib Tahu! Inilah 3 Modul Inti PPG Guru Tertentu 2025: Belajar Mandiri via Ruang GTK

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru Tertentu tahun 2025 sedang berjalan. 

Program ini menjadi upaya lanjutan pemerintah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di Indonesia melalui sistem pembelajaran mandiri berbasis digital. 

Proses pelaksanaan PPG Guru Tertentu 2025 ini sepenuhnya dilakukan melalui platform Ruang GTK (RGTK). 

Dengan metode pembelajaran daring yang mengedepankan kemandirian peserta dalam memahami materi serta menyelesaikan penugasan terstruktur. 

Tiga Modul Utama dalam PPG Guru Tertentu 2025 

Para peserta PPG Guru Tertentu akan menempuh tiga modul inti yang telah disusun untuk memperkuat kompetensi profesional mereka. 

Setiap modul dirancang sesuai kebutuhan pembelajaran masa kini dan mengacu pada standar pendidikan nasional. 

Modul 1 – Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (4 SKS) 

Modul ini membahas konsep-konsep pembelajaran umum dan spesifik, termasuk untuk jenjang SMK, PAUD, dan PLB. Selain itu, peserta juga akan mendalami strategi asesmen serta layanan bimbingan dan konseling. 

Modul 2 – Pembelajaran Sosial Emosional (3 SKS) 

Fokus utama modul ini adalah penguatan kemampuan guru dalam memahami dinamika sosial dan emosional siswa, yang berperan besar dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan produktif. 

Modul 3 – Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Nilai (2 SKS) 

Peserta diajak memahami dasar filosofis dalam pendidikan serta pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dan etika dalam proses pembelajaran.

Baca Juga: Cara Download Video Viral


Beban Studi Disesuaikan Latar Belakang 

Terdapat dua kategori peserta PPG 2025 berdasarkan rekam jejak pendidikannya, yang akan menentukan beban studi yang harus ditempuh: 

Lulusan PGP atau PLPG: Harus menyelesaikan beban studi setara 36 SKS. 

Non-lulusan PGP/PLPG: Wajib mengikuti 27 SKS, terdiri dari pembelajaran melalui platform Ruang GTK dan tambahan 9 SKS untuk tugas terstruktur dan pembelajaran mandiri. 

Langkah-Langkah Wajib Bagi Peserta 

Agar bisa mengikuti Uji Kompetensi PPG (UKPPPG), peserta perlu melewati tahapan-tahapan berikut: 

Masuk ke Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan pilih fitur Sertifikasi Pendidik untuk melakukan konfirmasi data pribadi. 

Setelah data dinyatakan valid, peserta bisa langsung mengakses modul pembelajaran di Ruang GTK. 

Seluruh unit pembelajaran wajib diselesaikan, termasuk mengikuti post-test untuk menilai pemahaman materi. 

Peserta juga diwajibkan menyusun Jurnal Pembelajaran sebagai refleksi dari proses belajar. 

Setelah jurnal diverifikasi dan dinyatakan sah, peserta baru dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti UKPPPG melalui tombol pendaftaran yang tersedia di sistem. 

Dengan sistem yang kini telah terintegrasi secara digital, pemerintah berharap guru-guru di seluruh Indonesia dapat lebih fleksibel dan mandiri dalam menjalani proses sertifikasi pendidik.

Pengumuman Kelulusan SMP N 6 Tejakula Tahun 2024/2025

Countdown Kelulusan

Pengumuman Kelulusan SMP Negeri 6 Tejakula Tahun 2024/2025

Pengumuman Kelulusan Akan Tampil Dalam

0

Hari

0

Jam

0

Menit

0

Detik

Harap menunggu hingga waktu pengumuman resmi dimulai...

Blog Tugas Akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2024

Salah satu permasalahan di dunia pendidikan adalah minat peserta didik untuk belajar yang kurang salah satu penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran yag monoton dan kurangnya inovasi. Salah satu program pemerintah untuk mengatasi permasalah tersebut adalah program PembaTIK. Program peningkatan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, dan dinas pendidikan dalam kegiatan Belajar, Mengajar, dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.

Pembatik Level 4 adalah Pembahasan tentang Berbagi & Berkolaborasi

Berikut ini Link Materi yang di bahas di PembaTIK Level 4 :

MODUL 11 - Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Platform Teknologi

MODUL 12 - Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial

MODUL 13 - Publikasi Karya Tulis untuk Pengembangan Profesi Guru

Tugas Akhir PembaTIK Level 4 adalah merancang inovasi pembelajaran, kegiatan berbagi inovasi pembelajaran, vlog inovasi pembelajaran, blog inovasi pembelajaran dan rencana aksi

Vlog Pembatik Level 4 :



Sosialisasi Tatap Muka dan Tatap Maya yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

1. Berbagi Praktik Baik dengan Tema: "Pemanfaatan Plotagon Studio dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom di SMP Negeri 6 Tejakula"

a. Persiapan

Surat Menyurat :


Flyer dan Daftar Hadir  :





























b. Proses










































































c. Uraian Kegiatan

Kegiatan berbagi pada tanggal 23 Oktober 2024 di satuan pendidikan tempat saya mengajar yaitu SMP Negeri 6 Tejakula. Pada pelaksanaannya saya melibatkan plt. kepala sekolah dan 14 orang guru. Materi berbagi kali ini adalah pemanfaatan plotagon studio dalam penerapan strategi pembelajaran flipped classroom. Hasil dari kegiatan ini berupa animasi video pembelajaran.

d. Output 

-) Respon peserta Berbagi Praktik Baik









-) Inovasi yang di terapkan

  • Penggunaan Plotagon Studio dalam pembuatan Animasi Video Pembelajaran 

e. Link Download

Animasi Video Pembelajaran

Materi

Sertifikat

2. Berbagi Praktik Baik dengan Tema: "Pemanfaatan Smart App Creator dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented) di SMP Negeri 4 Tejakula"

a. Persiapan

Surat Menyurat :
















Flyer dan Daftar Hadir :




































b. Proses




































































c. Uraian Kegiatan

Kegiatan berbagi yang kedua saya laksanakan di SMPN 4 Tejakula pada tanggal 25 Oktober 2024. Saya berkesempatan untuk belajar dengan 33 orang guru untuk berbagi inovasi yang bertajuk Pemanfaatan Smart App Creator Dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Tik Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented). Selain penggunaan Smart App Creator saya juga mengintegrasikan dengan beberapa platform digital seperti PDF-XChange Editor, Canva for Education, Github.io dan Youtube. Hasil dari kegiatan ini berupa Media Pembelajaran Interaktif yang nantinya akan digunakan selama proses pembelajaran.

d. Output 

-) Respon peserta Berbagi Praktik Baik




-) Inovasi yang di terapkan

  • Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) menggunakan Smart App Creator
  • Integrasi dengan Aplikasi PDF-XChange Editor
  • Integrasi dengan Aplikasi Canva for Education
  • Integrasi dengan Aplikasi Github.io
  • Integrasi dengan Youtube

e. Link Download

Materi

Sertifikat

3. Berbagi Praktik Baik dengan Tema: "Pemanfaatan Smart App Creator dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented) di SMP Negeri 2 Tejakula"

a. Persiapan

Surat Menyurat :
















Flyer dan Daftar Hadir :























b. Proses

























































c. Uraian Kegiatan

Kegiatan berbagi yang kedua saya laksanakan di SMPN 2 Tejakula pada tanggal 26 Oktober 2024. Saya berkesempatan untuk belajar dengan 22 orang guru untuk berbagi inovasi yang bertajuk Pemanfaatan Smart App Creator Dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Tik Berpusat Pada Siswa (Student Center Oriented). Selain penggunaan Smart App Creator saya juga mengintegrasikan dengan beberapa platform digital seperti PDF-XChange Editor, Canva for Education, Github.io dan Youtube. Hasil dari kegiatan ini berupa Media Pembelajaran Interaktif yang nantinya akan digunakan selama proses pembelajaran.

d. Output 

-) Respon peserta Berbagi Praktik Baik














-) Inovasi yang di terapkan

  • Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) menggunakan Smart App Creator
  • Integrasi dengan Aplikasi PDF-XChange Editor
  • Integrasi dengan Aplikasi Canva for Education
  • Integrasi dengan Aplikasi Github.io
  • Integrasi dengan Youtube

e. Link Download

Materi

Sertifikat

4. Webinar Komunitas Sahabat Pembatik Bali dengan Tema: "Pemanfaatan Plotagon Studio dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom"

a. Persiapan

Surat Menyurat :















Flyer dan Jadwal Kegiatan :





























b. Proses




























c. Output 

-) Respon peserta Webinar

Feedback 

-) Inovasi yang di terapkan

  • Penggunaan Plotagon Studio dalam pembuatan Animasi Video Pembelajaran 

e. Link Download

Sahabat Teknologi Denpasar

4. Berbagi Inovasi Pembelajaran di Radio RRI Singaraja dengan Tema: "Multimedia Pembelajaran Interaktif, Siswa Menjadi Aktif"

a. Persiapan

Surat Menyurat :















Flyer:















b. Proses